PAHITNYA terlibat dengan PINJAMAN ONLINE (PINJOL)

Capek diteror Pinjaman Online
Pahitnya Terlibat dengan Pinjaman Online
Mungkin kata kata di judul kita ini saat ini lagi tenar diantara sahabat infokreditbank semua, terutama satu atau dua tahun kebelakang, dimana semakin menjamurnya Model Baru Kredit yang sering disebut di Masyarakat sebagai Pinjol yang merupakan singkatan dari Pinjaman Online.

Pinjaman Online ini sendiri merupakan anak atau turunan dari sebuah Industri Baru yang juga merupakan turunan dari Industri lama yang lebih dulu eksis, yakni industri keuangan atau Financial. Adapun Industri yang saya maksudkan disini adalah Financial Technology atau Fintech.

Pada awal saya mendengar istilah Pinjol ini adalah di saat istri saya membeli sebuah Handpone dengan skema kredit, namun saat itu tidak tepat dikatakan dengan pinjol, saya yang mengkategorikan masuk kesana, karena istri saya waktu itu membeli barang.

Lalu mengapa saya masukkan dalam kategori Pinjol ??

Karena Pola nya sama, dan saya baru menyadari setelah beberapa bulan kemudian, bahkan saat itu kredit istri saya sudah lunas. Sahabat tau Pola yang saya maksudkan disini adalah pola penagihan, saat itu ketika sempat angsuran lewat 2 hari, hampir setiap orang yang ada di contact istri saya dihubungi oleh si penagih, walaupun tidak pernah di infokan saat proses pengajuan, karena memang tidak ada proses pengajuan (menurut saya). Waktu itu istri saya hanya mencantumkan 2 contact person ketika di minta dengan alasan untuk verifikasi.


Namun saat penagihan, tidak hanya 2 orang tersebut yang dihubungi (tentunya selain istri saya), tapi juga ada contact yang lain sehingga saat itu saya benar benar dibuat malu oleh sang penagih.. 🤦

Hal yang sama juga terjadi beberapa minggu lalu kepada saya, namun saya dengan tenang menjelaskan agar jangan menghubungi saya lagi dan bahwa saya tidak lagi berhubungan dengan orang yamg dicari, tapi bukannya di respon baik, malah saya yang di ancam ancam dan dituduh bekerjasama.. 😅

Saya sampai dengan marahnya berkata Yang minjam siapa.. Yang Diteror siapa..


Dan setelah itu saya tidak mau lagi mengangkat telepon dari perusahaan tersebut, namun terus dia meneror walaupun setiap nomor baru saya blokir di atau tandai sebagai SPAM, menelpon berikutnya pasti ada nomor baru lagi. Ini yang mengherankan saya. Namun akhirnya gangguan itu dapat  dibereskan dengan mudah menggunakan Spam Caller Protection di HP, karena dengan itu kita bisa memblokir panggilan yang sama sekali tidak saya kenal, dengan fitur Smart Caller.

Lalu pertanyaannya, mengapa ya dia bisa seperti itu, bisa mendapatkan nomor contact lain yang kita tidak pernah Infokan di awal pinjaman ??

Jawabannya adalah adaware, adaware adalah sejenis virus atau trojan yang dimasukkan dalam sebuah software atau aplikasi agar dapat melihat seluruh isi dari Komputer atau Handphone si sasaran. Dan memang benar, saat istri saya membeli HP tersebut, pihak pinjaman mengatakan jika istri saya menggunakan antivirus  di Handphone nya agar di nonaktifkan dulu. 

Karena aplikasi antivirus pasti mendeteksi adanya virus. Jujur saya juga baru sadar di saat saat sekarang ini, karena waktu itu awalnya mau di install di Handphone saya, namun karena di handphone saya ada antivirus nya.  sehingga tiap instalasi selalu gagal.

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak merepotkan teman, saudara atau bahkan orang tua kita jika kita menggunakan pinjaman online ini ?? 
(Saran saya sih jangan.. 😁)

1. Usahakan cari perusahaan penyedia pinjol atau fintech yang resmi dan sudah berizin dari OJK (Lihat disini). Karena yang resmi kemungkinan besar tidak akan meneror
2. Pastikan anda menggunakan antivirus sehingga tidak mudah di akses oleh adware, artinya saat instalasi di non aktifkan, lalu langsung di aktifkan kembali, sehingga pihak pinjol belum sempat menarik data
3. Phonebook sebaiknya di kosongkan saat anda akan mengajukan pinjaman (jika memungkinkan) 😁
4. Jika takut keluarga Anda atau khususnya anak anda menggunakan atau mengajukan Pinjol, saya menyarankan sahabat Infokreditbank untuk menggunakan aplikasi Phone Monitor.

Demikian ulasan kita kali ini, terakhir dari saya, mungkin kalau mau coba pinjol versi luar negeri, sahabat infokreditbank boleh coba sendiri..

1 comment: