ATM, KARTU DEBIT, KARTU KREDIT

Sering kita mendengar ketiga istilah tersebut, dan bahkan beberapa dari kita sudah memiliki dan menggunakannya. Berikut kita jabarkan apa saja ketiga benda yang dimaksud tersebut.

ATM

Kita sering mendengar kata ATM, apakah ATM itu ? ATM merupakan kependekan dari Automated Teller Machine, atau kepanjangan versi Bahasa Indonesia nya adalah Anjungan Tunai Mandiri, yakni mesin yang dapat melayani penarikan tunai, dan transaksi lain yang dilakukan teller Bank diluar kantor Bank. Untuk melakukan penarikan, dibutuhkan suatu kartu yang kemudiannya disebut sebagai ATM. Setiap Bank penerbit kartu ATM pada saat ini sudah memiliki ATM. Fungsi dari ATM adalah untuk melakukan penarikan tunai tanpa harus mengunjungi Kantor BANK penerbit ATM tersebut, dimana kita melihat ada ATM untuk kartu ATM yang kita miliki, maka kita dapat melakukan penarikan dana tunai pada ATM tersebut.



Bahkan pada masa kini, kartu ATM tidak harus digunakan pada ATM Bank Penerbit kartu, Kartu ATM dapat digunakan pada ATM Bank lain yang berlogo ATM BERSAMA ataupun PRIMA, untuk lebih jelasnya mengenai ATM mana saja yang masuk kedalam jaringan "Bersama" atau "PRIMA" "Visa" dll, maka dapat ditanyakan langsung kepada Bank penerbit Kartu ATM kita, mesin ATM Bank mana saja yang bisa digunakan ATM kita.
Contoh Kartu ATM

Untuk menggunakan ATM, kita dapat mengajukan kepada Bank penerbit, yakni BANK tempat kita menabung atau memiliki rekening, namun perlu di ingat bahwa penggunaan ATM akan dikenakan biaya bulanan yang masuk dalam potongan bulanan rekening tabungan tersebut.

KARTU DEBIT

Pada dasarnya Kartu Debit ini adalah merupakan Kartu ATM yang diberikan kemampuan lebih, dimana kartu ATM tersebut sekaligus juga dapat digunakan sebagai Kartu Debit, Beda Kartu ATM dengan Kartu Debit adalah mesin yang digunakan, jika sebagai Kartu ATM menggunakan ATM, dan jika difungsikan sebagai Kartu Debit, maka mesin yang digunakan adalah Mesin EDC (Electronic Data Capture).

Jika di ATM kita menarik Uang Tunai, maka jika difungsikan sebagai Kartu Debit, yang diperoleh adalah belanjaan (Jika debit digunakan untuk berbelanja), dan jika digunakan di Rumah Makan atau tempat jajanan, maka yang diperoleh adalah Makanan atau Jajanan.

KARTU KREDIT

Kartu Kredit sudah pernah kita bahas sebelumnya pada posting berjudul Credit Card (Kartu Kredit), namun ada baiknya sedikit kita ulas kembali. Kartu Kredit adalah sejenis kartu yang dimaksudkan untuk memudahkan debitur melakukan transaksi peminjaman sesuai batas (limit) kartu kredit yang diberikan Bank Penerbit. Kartu ini mirip dengan kartu Debit, hanya saja jika pembelanjaan (transaksi) yang digunakan pada Kartu Debit akan mengurangi saldo tabungan, pada Kartu Kredit akan menambah Saldo Pinjaman pada kartu yang dimaksud, dan wajib dibayarkan pada tanggal jatuh tempo kartu kredit.

Jadi Kesimpulan yang dapat diambil dari ketiga kartu tersebut adalah sbb :

No comments:

Post a Comment